Pembelajaran Aktif


 

Saat ini sekolah sekolah khususnya sekolah dasar dituntut untuk menerapkan pembelajaran aktif. Lalu para Guru lah yang akan menerapkan stratetegi pembelajaran aktif ini.
Pengertian
Pembelajaran aktif adalah pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk aktif membangun sendiri konsep dan makna melalui berbagai kegiatan. Pembelajaran aktif ini siswa yang harus dituntut aktif bukan guru yang aktif, guru harus kreatif dalam mengelola pembelajaran dan tidak lupa harus kreatif menyiapkan media pembelajaran yang sesuai dengan mata pelajaran  sehingga akan didapat suatu pengalaman belajar yang aktif.
Pembelajaran aktif dikembangkan berdasarkan
1.      Pada dasarnya proses belajar adalah proses aktif
2.      Cara belajar peserta didik berbeda-beda dengan peserta didik lain

Beberapa aktivitas dasar yang digunakan oleh peserta didik untuk belajar
1.      Berbicara dan mendengar
2.      Menulis
3.      Membaca
4.      Refleksi

Karakteristik pembelajaran aktif
1.      Pembelajaran tidak ditekankan pada penyampaian informasi
2.      Suasana atau kondisi mendukung untuk mengembangkan keterbukaan dan penghargaan terhadap semua gagasan peserta didik
3.      Peserta didik tidak hanya mendengarkan ceramah secara pasif melainkan mengerjakan berbagai hal yakni membaca, melihat, mendengar, melakukan eksperimen dan berdiskusi yang berkaitan dengan dengan materi pembelajaran

Semua strategi pembelajaran mempunyai kelebihan dan kekurangan. Guru faham betul kelebihan dan kekuragan strategi pembelajaran aktif ini untuk meminimalis kekurangan. Guru juga harus pintar-pintar memilih dan mempraktekan strategi pembelajaran. Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan dari pembelajaran aktif:
Kelebihan
1.      Meningkatkan ketrampilan peserta didik diantaranya ketrampilan berfikir, ketrampilan memecahkan masalah dan ketrampilan komunikasi
2.      Meningkatkan keterlibatan aktif peserta didik
3.      Meningkatkan ingatan peserta didik pada konsep yang dipelajari
4.      Meningkatkan rasa memiliki proses pembelajaran
5.      Mengurangi ceramah guru
6.      Meningkatkan gairah belajar di kelas
7.      Melibatkan aktifitas berfikir tingkat tinggi
Kekurangan
1.      Tidak bisa menyelesaikan silabus
2.      Tidak bisa mengontrol kelas
3.      Peserta didik tidak melakukan apa yang diinghinkan guru
4.      Peserta didik banyak yang tidak menyukai
5.      Peserta didik susah diajak bekerja dalam tim
6.      Peserta didik terkesanikut-ikutan dalam mengerjakan tugas
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menerapkan pembelajaran aktif
1.      Tujuan pembelajaran arus ditunjukkan dengan jelas
2.      Peserta didik perlu diberitahu apa yang akan dilakukan dalam proses pembelajaran
3.      Peserta didik perlu mendapatkan petunjukyang jelas dalam setiap kegiatan, agar pembelajaran berjalan dengan efektif
4.      Guru perlu memilih teknik pembelajaran aktif yang sesuaidengan konsep yang dipelajari peserta didik
5.      Guru perlu menciptakan iklim pembelajaran aktif